logo dkonsul
menjaga-kesehatan-mata.png
Mata

September 6, 2023

7 Cara Menjaga Kesehatan Mata

Ditinjau oleh: dr. M. Ade Wijaya

Mata adalah salah satu organ yang penting untuk tubuh manusia. Adanya mata bisa membantu manusia melihat dan merasakan lingkungan sekitar. Namun, ada beberapa kondisi yang dapat kesehatan mata dan menyebabkan kehilangan penglihatan. Sebelum hal itu terjadi, yuk, jaga kesehatan mata Anda mulai dari sekarang!

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Semua orang tentunya ingin memiliki penglihatan yang jernih dan sehat. Namun, cita-cita tersebut tak bisa terwujud hanya dengan ucapan tetapi perlu aksi yang nyata.

Berikut adalah beberapa cara menjaga kesehatan mata agar Anda bisa melihat dengan jernih untuk waktu yang lama.

1. Jaga Asupan Makanan

Menjaga kesehatan mata dapat dimulai dari asupan makanan yang sehat. Melansir dari Centers for Diseases Control and Prevention (CDC), bukan hanya wortel yang bisa menjaga kesehatan mata, tetapi banyak mengonsumsi buah dan sayuran hijau, seperti bayam, kale, dan sawi, penting untuk menjaga kesehatan mata.

Selain itu, banyak konsumsi makanan yang mengandung nutrisi, seperti asam lemak omega-3, lutein, zinc, vitamin C dan E, dipercaya dapat membantu mencegah masalah kesehatan mata karena penuaan, seperti degenerasi makula dan katarak.

2. Jaga Berat Badan Ideal

Berat badan memainkan peranan penting untuk kesehatan mata. Pasalnya, kelebihan berat badan atau obesitas akan meningkatkan risiko Anda untuk mengalami diabetes. Bila Anda memiliki diabetes, Anda akan memiliki risiko yang lebih besar untuk alami kerusakan saraf mata atau glaukoma.

Untuk menjaga berat badan ideal dapat dilakukan dengan mengatur pola makan dan rutin berolahraga. Bila Anda kesulitan untuk menjaga berat badan ideal, konsultasikan pada dokter ahli gizi agar program diet dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

3. Gunakan Kacamata Hitam Anti UV

Saat siang hari, sebagian besar orang akan mengoleskan tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet (UV), tetapi lupa untuk menjaga kesehatan matanya dari sinar UV. Padahal, paparan sinar UV secara terus menerus dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan kornea dan lensa mata, seperti katarak, kanker mata, dan mata terbakar (sunburned eyes).

Untuk melindungi kesehatan mata dari ancaman sinar UV, Anda disarankan untuk menggunakan topi dan kacamata hitam saat berada di luar ruangan pada siang hari. Pilihlah kacamata hitam dengan perlindungan dari sinar UV-A dan UV-B 100%.

4. Istirahatkan Mata

Cara menjaga kesehatan mata yang selanjutnya adalah mengistirahatkan mata bila Anda sering menatap layar gawai, seperti komputer atau ponsel. Pasalnya, menatap layar komputer secara terus menerus dapat memicu kondisi tegang pada mata atau eye strain.

Untuk mencegah kondisi ini, Anda bisa melakukan aturan 20-20-20, yaitu mengistirahatkan mata setelah 20 menit menatap layar gawai dengan melihat sekeliling sejauh 20 feet atau enam meter selama 20 detik.

5. Pastikan Kebersihan Lensa Kontak

Kebersihan lensa kontak juga dapat memengaruhi kesehatan mata. Pasalnya, alat bantu penglihatan yang tidak bersih berisiko untuk menginfeksi mata dan menyebabkan fungsi penglihatan berkurang.

Oleh sebab itu, pastikan Anda sudah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum memasang dan melepas lensa kontak. Kemudian, ikuti instruksi dalam melepas lensa kontak dan ganti lensa sesuai dengan masanya.

6. Berhenti Merokok

Merokok bukan hanya tidak baik untuk kesehatan secara umum, tetapi juga buruk untuk kesehatan mata. Merokok dapat meningkatkan risiko kebutaan akibat kerusakan saraf mata dan katarak. Oleh sebab itu, berhenti merokok merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan mata.

7. Rutin Memeriksakan Kesehatan Mata ke Dokter

Cara menjaga kesehatan mata yang terakhir adalah rutin memeriksakan kesehatan mata ke dokter. Melakukan pemeriksaan mata secara keseluruhan dapat membantu Anda mengetahui mendeteksi dini masalah kesehatan mata sehingga perawatan mata yang sesuai dapat segera dilakukan.

Baca Juga: 6 Penyakit Mata yang Umum Terjadi

Nah, demikianlah penjelasan mengenai beberapa cara menjaga kesehatan mata. Perubahan gaya hidup yang sehat secara umum tak hanya menjaga kesehatan tubuh tetapi juga kesehatan mata Anda.

Referensi:

American Academy of Ophthalmology. Sun and UV Light. https://www.aao.org/eye-health/tips-prevention/sun

Centers for Diseases Control and Prevention. 2021. Tips to Prevent Vision Loss. https://www.cdc.gov/visionhealth/risk/tips.htm

MedlinePlus. Eye Care. https://medlineplus.gov/eyecare.html

WebMD. 2022. How to Keep Your Eyes Healthy. https://www.webmd.com/eye-health/good-eyesight