logo dkonsul
cara-mengatasi-mata-merah.png
Mata

September 6, 2023

7 Cara Mengatasi Mata Merah dan Gatal

Ditinjau oleh: dr. M. Ade Wijaya

Mata merah dan gatal merupakan salah satu kondisi yang umum terjadi. Kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari paparan debu, alergi, hingga masalah kesehatan yang lebih serius. Lantas, bagaimana cara mengatasi mata merah dan gatal? Berikut penjelasannya.

Cara Mengatasi Mata Merah dan Gatal

Mata merah dan gatal umumnya dimulai dari rasa gatal di mata yang membuat Anda ingin menggaruknya. Namun, kondisi ini perlahan semakin parah hingga tiba-tiba mata menjadi membengkak, merah, gatal, dan terkadang terasa nyeri.

Bila mata merah dan gatal disebabkan oleh alergi, gejala yang muncul biasanya diikuti dengan hidung meler, bersin, dan mata berair. Namun, bila mata merah dan gatal diikuti dengan rasa nyeri, sensitif terhadap cahaya, dan terasa berpasir, Anda mungkin mengalami infeksi mata dan membutuhkan perawatan dari dokter.

Berikut adalah beberapa cara mengatasi mata merah dan gatal yang disebabkan oleh kondisi ringan, seperti alergi debu, serbuk sari, atau bulu hewan peliharaan.

Baca Juga: 7 Cara Menjaga Kesehatan Mata

1. Istirahat

Memejamkan mata sejenak dapat menjadi salah satu cara mengatasi mata merah dan gatal. Memejamkan mata dapat membantu memberi waktu pada mata untuk beristirahat dan mengurangi rasa tidak nyaman di mata.

Selain itu, menutup mata dapat melindungi Anda dari kondisi yang lebih parah akibat masuknya debu, cahaya yang terang, atau udara kering saat mata sedang alami kemerahan.

2. Kompres Dingin

Agar rasa gatal lebih cepat mereda, Anda bisa mengompres dingin sambil memejamkan mata. Untuk melakukannya, Anda bisa mengambil handuk kecil dan rendam ke air dingin. Setelah itu, peras sisa air di handuk dan tempelkan pada sisi mata yang merah dan gatal. Cara ini dipercaya dapat mengatasi rasa tidak nyaman dan meredakan mata yang membengkak.

3. Gunakan Obat Tetes Mata

Cara mengatasi mata merah dan gatal yang cukup ampuh selanjutnya adalah menggunakan obat tetes mata. Untuk menggunakan obat tetes mata, Anda perlu mengetahui penyebab dari mata merah dan gatal terlebih dahulu.

Bila kondisi mata merah dan gatal disebabkan oleh paparan debu atau mata kering, menggunakan cairan tetes mata sudah cukup untuk membantu mengembalikan kesehatan mata. Namun, bila mata merah dan gatal disebabkan oleh alergi, maka pilihlah obat tetes mata khusus alergi. Obat tersebut dapat berfungsi memblokir hormon penyebab alergi dan mengatasi ketiga gejalanya, yaitu kering, kemerahan, dan gatal. Disarankan konsultasi ke dokter untuk menentukan jenis tetes mata yang digunakan.

4. Membersihkan Wajah Sebelum Tidur

Kelopak mata, bulu mata, dan alis merupakan pelindung alami yang menjaga mata dari debu atau alergen lainnya. Selama satu hari beraktivitas, tiga pelindung tersebut berusaha agar partikel kecil tidak masuk ke mata dan mengganggu penglihatan.

Oleh sebab itu, sebelum Anda tidur, ada baiknya untuk membersihkan tubuh terutama wajah untuk mencegah masuknya partikel penyebab mata merah dan gatal sewaktu Anda tidur. Membasahi mata ketika mencuci wajah juga membantu mata lebih rileks dan nyaman.

5. Rutin Mengganti Alas Tidur

Alas tidur atau seprai seringkali memiliki tumpukan alergen yang tak kasat mata, seperti debu, jamur, atau bulu hewan peliharaan. Alas tidur ini perlu secara rutin diganti minimal satu pekan sekali untuk mencegah masuknya alergen ke tubuh dan menyebabkan mata merah dan gatal.

6. Gunakan Pelembap Udara

Pelembap udara atau humidifier bisa menjadi cara untuk mengatasi mata merah dan gatal. Kondisi mata merah dan gatal bisa dipengaruhi oleh udara yang kering sehingga kelembapan kulit ikut terangkat menjadikannya lebih kering dan sensitif khususnya di sekitar mata.

Kulit kering di sekitar mata dapat menjadi sangat gatal dan iritasi bila tidak ditangani dengan baik. Pemasangan humidifier di rumah dapat membantu menjaga kelembapan udara sehingga kelembapan kulit tidak terganggu.

7. Hindari Menggaruk Mata

Cara mengatasi mata merah dan gatal yang terakhir adalah hindari menggaruk sisi mata yang gatal. Pasalnya, menggaruk mata yang gatal justru akan menyebabkan tubuh mengeluarkan hormon histamin dan membuat mata terasa lebih gatal dan iritasi dari kondisi sebelumnya.

Selain itu, menggaruk mata juga berbahaya karena bisa melukai kornea dan menyebabkan kondisi kesehatan mata yang lebih buruk.

Baca Juga: 6 Penyakit Mata yang Umum Terjadi

Nah, demikianlah beberapa cara mengatasi mata merah dan gatal yang bisa Anda lakukan dirumah. Bila mata merah dan gatal tak kunjung membaik dalam beberapa hari setelah menerapkan cara di atas, sebaiknya konsultasi dengan dokter mata untuk mendapatkan penanganan yang sesuai.

Referensi:

Cleveland Clinic. 2023. Cure the Burn With These Home Remedies for Your Itchy Eyes. https://health.clevelandclinic.org/itchy-eye-remedies/

Emedihealth. 2020. Home Remedies to Soothe Itchy Eyes https://www.emedihealth.com/eye-care/itchy-eyes

Healthline. 2019. 8 Causes of Itchy Eyes. https://www.healthline.com/health/eye-health/8-causes-of-itchy-eyes#eyestrain

Verywell Health. 2021. Itchy Eyes: Causes, Remedies, and Treatment. https://www.verywellhealth.com/itchy-eyes-5116872